Kamis, 02 Juni 2011

renungan ilahi

Entah kenapa malam itu aku tak bisa tidur, mungkin udah kebanyakan tidur. Dari pagi habis shubuh sampai siang kerjaannya tidur, dan efeknya adalah malam itu aku tak bisa tidur sampai pagi, mampus dah badan ane.

Dari pada bengong gag bisa tidur, ane iseng-iseng aja nulis, siapa tahu bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, dan hasilnya ya seperti ini, tulisan gag jelas arah dan tujuannya, tapi ane gag berkecil hati, karena menurut yang ane denger dari dosen ane, kalo nulis itu perlu dilatih, dan ini wujud latihan nulis ane.

Eits, perlu diingat nulis itu tidak mudah perlu latihan dan kebiasaan, kalo sudah biasa nulis ya lancer aja nulisnya, kalo belum bisa? Jangan Tanya, memulai aja susah bagiamana mau ngarang, paling banter setengah lembar tutup buku karena udah mentok alias gag ada inspirasi lagi.

Itulah keunikan menulis, padahal hal sepele, dari TK sampai Kuliah kerjaannya Cuma nulis, tapi kalo disuruh buat tugas yang tebelnya Cuma lima belas lembar, ampun berat banget, kayak ane ini. Tapi ok-ok aja kalo Cuma copy paste, tapi apa bangga dengan Cuma copy paste? Mungkin sebagian orang bangga dengan hal ini, tapi bagi ane ini pantangan.

Ane gag bakal copy paste, kalo ane paling banter Cuma ngutip pendapat orang, bedakan ngutip sama copy paste. Lha trus bedanya dimana? Kalo menurut ane, copy paste itu jiplak 100% karya orang lain walaupun dikasih footnote bawahnya, tapi kalo ngutipkan beda, kalo ngutip paling-paling hanya 99% sama tapi 1 % beda, sama aja bohong, enggak juga kutipan kan ada kutipan langsung dan kutipan tidak langsung, kalo kutiban langsung ka nada kaidahnya, begitu pula kutipan tidak langsung.

Bedakan? Tulisannya aja beda, ya jelas pasti beda. Dunia pendidikan Indonesia, bisa dibilang mengalami kemajuan, dan bisa dibilang mengalami kemunduran. Kalo menurut analisa ane yah, mengalami kemajuan karena: alas an pertama, bayangin aja tiap tahun angka kelulusan dari mulai SD, SMP sampai SMA selalu meningkat, tapi ada yang aneh juga, kenapa ditelinga kita, jarang mendengar kalo ada anak SD yang tak lulus UN, ya karena memang kagak ada, lha pemerintah saja mencanangkan program wajib belajar 9 tahun, kalo sampai SD saja berarti Cuma 6 tahun, brarti jika terjadi ada anak SD yang kagak lulus UN brarti pemerintah munafik.

Kemunduran, ya jelas mundur pesat. Bukan masalah nilai atau apa tetapi salah niat, lha sekolah tujuannya buat cari ijazah, bodoh bangetkan? Padahal dg 2 juta saja udah dapet ijazah, dijamin ijazahnya ASPAL (Asli tapi Palsu) lha ujung-ujungnya Cuma buat cari kerja, aneh bener orang-orang Indonesia (termasuk ane dong).

Entah sampai kapan Indonesia dikatakan sebagi Negara berkembang, Negara maju aja masih berkembang, apalagi yang berkembang, ngembang trus gag ada berhentinya, jadi prediksi ane, Indonesia tidak bakal menjadi Negara maju, ini hanya dikotomi kelompok tertentu, Cuma membedakan Negara dari sisi tehnologi modern.

Kembali ketopik awal, tidak bisa tidur. Ane sering terjangkit penyakit tidur, tapi sepertinya ini yang paling parah, padahal besoknya kuliah. Tapi namanya juga kadang-kadang, berarti gag setiap hari ane gag bisa tidur, tapi seirngnya gag bisa tidur. Apa pengaruh kopi? Bisa jadi, karena biasanya tiap malem sebelum tidur ane malam minum kopi, mesti banyak yang berfikir, tolol banget nih orang, mau tidur aja minum kopi, pantesan gag bisa tidur.

0 komentar:

Posting Komentar